Selamat Datang di Blog Horti Fresh

Monday 11 March 2013

Ruang Lingkup Ekologi Pertanian

Ekologi merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu oikos berarti rumah dan logos berarti ilmu atau pelajaran.
secara etimologis eologi berarti ilmu tentang makhluk hidup dan rumah tangganya.
Definisi dari ekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Ekologi tanaman adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanaman (tumbuhan yang dibudidayakan) dengan lingkungannya.
Ekologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ilmu biologi.
Ruang lingkup biologi ialah organisme, populasi, komunitas, ekosistem dan biosfir.
  • Organisme adalah makhluk secara individu atau sesuatu kesatuan organ yang mempunyai tanda-tanda dan aktivitas kehidupan.
  • Populasi adalah kumpulan dari organisme-organisme sejenis yang dapat berkembang biak silang
  • Komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi yang hidup disuatu area tertentu. sebagai contoh ialah komunitas kolam, padang pasir, dan sebagainya.
  • Ekosistem atau sistem ekologi ialah satu unit tunggal dari komunitas tumbuhan dan hewan bersama-sama dengan semua interaksi faktor-faktor fisik dari lingkungan yang ada di dalamnya
  • Biosfir ialah satu bagian di alam dimana suatu ekosistem beroperasi.
Ekologi pertanian atau ekologi tanaman ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanaman dengan lingkungannya. tanaman membutuhkan sumberdaya kehidupan dari lingkungannya dan mempengaruhi lingkungan. begitu sebaliknya lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

No comments:

Post a Comment