Selamat Datang di Blog Horti Fresh

Friday 7 September 2012

Budidaya Padi

Cianjur terkenal dengan berasnya yang sangat bagus, karena tempatnya sangat bagus untuk budidaya padi, dan banyak orang yang memanfaatkan itu. kita lihat saja bagaimana membudidaya padi.

Yang pertama beli dulu benih padi yang benar-benar bagus, jangan sampai padi hasil panen di pakai jadi benih. karena hasilnya akan tidak baik. Lalu benih direndam POC NASA dan air, dosis 2 cc/ltr air selama 6-12 jam. tiriskan dan masukkan ke dalam karung goni, benih padi yang mengembang di buang. Selanjutnya di peram menggunakan daun pisang atau di pendam di dalam tanah selama 1-2 malam hingga benih berkecambah serentak.

Setelah bibit berumur 7-10 hari dan 14-18 hari, dilakukan penyemprotan POC NASA dengan dosis 2 tutup/tangki  dan bila bibit sudah berumur 21-40 hari bibit siap dipindahkan karena batang bawahnya sudah kuat dan sudah tumbuh beberapa helai daun.

Untuk pemupukan, dosis pupuk sesuai dengan keinginan anda untuk memanen dan anda juga bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk yang diracik sendiri.

Untuk membasmi para hama, penyakit, gulma (tanaman liar) dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan pestisida alami (biopestisida) secara merata.

No comments:

Post a Comment