Selamat Datang di Blog Horti Fresh

Thursday 6 September 2012

Budidaya Pisang

Banyak orang yang ingin membudidayakan buah pisang, karena buah pisang itu tidak ada musimnya, bisa di panen terus menerus, meskipun sekali panen pohonnya harus di tebang, tapi si induk pisang pasti sudah mempunyai anak pohon yang siap untuk berbuah lagi. cara memperbanyak pohon pisang, bisa dengan cara okulasi, atau mengambil anakan pohon pisang,  dan di ambil dari anakan pohon pisang yang sehat. pohon pisang yang sehat, dapat di lihat dari daunnya yang masih berbentuk seperti pedang, dan helai daun yang sempit.

Setelah itu, anakan pohon pisang tersebut bisa di tanam di tempat lain dengan keadaan tanah yang cukup mengandung air, tetapi tidak menggenang dan tanam dengan jarak sekitar 2x2 m.

Lalu kasih pupuk, tetapi jangan terlalu rutin (setiap hari).
Setelah berbuah, potong jantung pisang yang telah berjarak 25 cm dari sisir buah terakhir. setelah buah pisang mengembang secara sempurna, buah tersebut bungkus dengan kantong plastik bening,, lalu di beri lubang berdiameter sekitar 1,5 cm dengan jarak tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jauh, dan usahakan kantung menutupi semua buah pisang. dan untuk menjaga-jaga apabila pohon pisang tumbang, maka pakailah bambu untuk di sanggakan ke batang pohon dan tanah.

No comments:

Post a Comment